Jumat, 14 Juni 2013

Sejarah Sang Penemu Outward Bound (Outbound)


Sejarah Sang Penemu  Outward Bound (Outbound)


Nama                              : Kurt Matthias Robert Martin Hahn
Tempat,Tangal Lahir        : Lahir 5 Juni 1886 Berlin, Jerman
Meninggal                      : 14 Desember 1974 (umur 88) Negara Jerman
Penemu Program              : Outward Bound (Outbound)

Tentang Kurt Matthias Robert Martin Hahn ( Kurt Hahn )
Kurt Hahn lahir di Jerman pada tahun 1896, putra seorang industrialis Yahudi kaya, tapi ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Inggris sebagai warga negara Inggris. Sementara ia masih di SMA tahun 1902, ia menghabiskan liburan musim panas di Dolomites dengan teman-teman dari Abbotsholme, sebuah sekolah negeri Inggris. Selama rentang perjalanan ini, dalam sebuah diskusi tentang sistem sekolah umum Inggris, ketertarikan mengenai dunia pendidikan pertama kali masuk ke dalam benak Hahn. Hal ini menyebabkan ia menjadi terobsesi, kemudian ia mulai mendalami filsafat pendidikan dan sangat dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran Plato, Baden Powell, Cecil Reddie, Dr Arnold dari Rugby, Herman Lietz dan lain-lain.
Pada tahun 1904, saat ia masih muda, Hahn terkena “sunstroke” yang cukup parah sehingga membuatnya cacat permanen namun disinilah ia merasakan ketegaran karena ia memiliki semangat dan keberanian untuk bertahan hidup yang sangat tinggi. proses pemulihan diri ini dimanfaatkannya untuk mempelajari filsafat pendidikan secara lebih mendalam dan merumuskan sistem pendidikan yang hingga saat ini menjadi sangat populer.
Salah satu prinsip hidupnya yang ia pegang teguh sejak saat itu adalah, “ketidakmampuan Anda adalah Peluang Anda”, yaitu mengubah Tantangan menjadi Keuntungan, dengan cara selalu melakukan hal yang benar, terbaik dan bermanfaat meskipun dalam keadaan yang dirasakan sangat sesulit apapun.
Filsafat pendidikan Hahn adalah perpaduan dari apa yang dianggap sebagai ide terbaik yang diambil dari berbagai sumber. Menurutnya, pendidikan adalah seperti pengobatan, metode pengobatan yang ada pada saat ini adalah hasil penemuan dan penyempurnaan dari metode metode terdahulu, jika anda datang ke seorang ahli bedah umum dan meminta untuk membedah usus anda dengan cara yang terbaik dan benar, pasti dokter ahli bedah umum tersebut akan menyarankan anda untuk datang ke ahli bedah yang lebih ahli mengenai usus.
Jadi menurut Hahn, tidak ada yang istimewa dan baru dari metode “temuannya”, karena menurut Hahn, ia hanyalah mengumpulkan, merumuskan kemudian mengemasnya dengan cara yang dianggapnya paling sesuai dengan pengalaman atau proses hidupnya pada masa itu. Beliau menganggap, lebih baik meminjam sebuah ide atau metode yang sudah teruji dan terbukti ketimbang harus mencari dan berkesperimen dengan metode baru.
Kunci keberhasilan Hahn adalah, ia berhasil merangkum, mengambil dan menggabungkan ide dan metode terbaik dari tiap pakar pendidikan di dunia, menjadi suatu metode edukasi yang sangat unik.
Keyakinan Hahn adalah  bahwa setiap manusia dilahirkan dengan potensi dan kekuatan spiritual serta kemampuan untuk membuat penilaian yang benar mengenai nilai hidup dan moral. Dalam perkembangan hidupnya, seseorang itu kehilangan kekuatan spiritual ini dan kemampuan untuk membuat penilaian moral karena, apa yang Hahn sebut, diseased society dan the impulses of adolescence.
Sepuluh Prinsip Belajar Expedisi  (Kurt Matthias Robert Martin Hahn)

Ini 10 prinsip, yang berusaha untuk menggambarkan peduli, petualang budaya dan pendekatan untuk belajar sekolah, diambil dari ide-ide Kurt Hahn dan pemimpin pendidikan lainnya untuk digunakan dalam Pembelajaran Expeditionary Outward Bound (ELOB) sekolah.
1.     Keunggulan penemuan diri
Belajar terjadi terbaik dengan emosi, tantangan dan dukungan yang diperlukan.
2.    Yang memiliki ide-ide yang indah
Pengajaran di sekolah Belajar Expedisi mendorong rasa ingin tahu tentang dunia dengan menciptakan situasi belajar yang memberikan sesuatu yang penting untuk dipikirkan, waktu untuk bereksperimen, dan waktu untuk memahami apa yang diamati.
3.    Tanggung jawab untuk belajar
Belajar adalah suatu proses pribadi penemuan dan kegiatan sosial.
4.    Empati dan peduli
Belajar dipupuk terbaik dalam masyarakat di mana siswa dan guru ide-ide yang dihormati dan di mana ada saling percaya.
5.    Keberhasilan dan kegagalan
Seseorang harus sukses jika mereka membangun kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengambil risiko dan memenuhi tantangan semakin sulit.
6.    Kolaborasi dan persaingan
Pengembangan individu dan pengembangan kelompok yang terintegrasi sehingga nilai persahabatan, kepercayaan, dan tindakan kelompok jelas.
7.    Keanekaragaman dan inklusi
Kedua keragaman inklusi meningkatkan kekayaan ide, kekuatan kreatif, kemampuan pemecahan masalah, menghormati orang lain.
8.    Dunia alam
hubungan langsung dan penuh hormat dengan menyegarkan alam roh manusia mengajarkan ide-ide penting dari siklus berulang dan sebab dan akibat.
9.    Kesendirian dan refleksi
Seseorang  perlu waktu sendiri untuk mengeksplorasi pikiran mereka sendiri, membuat hubungan mereka sendiri, dan menciptakan ide-ide mereka sendiri.
10. Layanan dan kasih sayang
Kami adalah kru, bukan penumpang. Seseorang diperkuat oleh tindakan pelayanan konsekuensial kepada orang lain, dan salah satu fungsi utama sebuah Learning sekolah Ekspedisi adalah untuk mempersiapkan siswa dengan sikap dan keterampilan untuk belajar dari dan melayani orang lain.


Ada banyak kelebihan pada diri anda daripada yang anda pikirkan dan bayangkan.
Tujuan Hahn adalah untuk menyediakan wahana ideal untuk mengaktifkan kesadaran dan potensi kekuatan tersebut, sehingga setiap orang dapat menemukan kesempurnaan jati diri manusianya dan salah satu wahana yang ia buat adalah Outward Bound atau lebih populer di Indonesia dengan istilah Outbound Training.











0 komentar:

Posting Komentar